1. Menu-menu pada Aplikasi MYOB Accounting 18
a. Jendela Welcome to MYOB Accounting
Ketika pertama kali masuk program aplikasi
MYOB maka anda akan masuk jendela Welcome
to MYOB Accounting seperti tampilan dibawah ini
Fungsi dari
beberapa menu yang ada di jendela Welcome
to MYOB Accounting ini adalah sebagai berikut:
-
Openà Pilihan ini digunakan
untuk mengaktifkan salah satu data akuntansi yang pernah dibuat sebelumnya
-
Createà Pilihan ini
digunakan untuk membuat data akuntansi baru
-
Exploreà untuk membuka file contoh yang telah
disediakan oleh Myob
-
What’s Newà digunakan
untuk melihat fitur-fitur baru pada Myob
-
Exità digunakan untuk mengakhiri ataumenutup
program Myob
b. Jendela Command Centre
Setelah pembuatan data perusahaan selesai, maka akan
tampil menu utama Myob Accounting 18 atau Command Center. Berikut ini uraian
singkat tentang area dan fungsi dari Command center.
1. Baris Menu à Berisi menu-menu yang berfungsi untuk mengakses
perintah-perintah pada Myob yaitu File,Edit,
List, Command Centres, setup, dll.
2. Baris Judul à Menampilkan nama file yang sedang aktif, misalnya :
Mutiara Furniture-Command Centre
3. Nama Modul dan Help à Menampilkan nama modul yang terpilih, misalnya ACCOUNT,
dan simbol tanda tanya ( ? ) merupakan tombol Help atau bantuan yang akan menghubungkan Anda dengan jendela Myob Help.
4. Modul à Terdiri dari 6 modul yang berfungsi untuk mencatat seluruh kegiatan dan transaksi-transaksi
perusahaan. Berikut ini uraian singkat tentang fungsi masing-masing modul.
a.
Account à Digunakan untuk membuat daftar akun yang akan digunakan
perusahaan, memasukan saldo awal akun serta mencatat transaksi jurnal umum.
Fungsi command
button Account antara lain:
- Account List : untuk membuat akun baru, mengganti
nama, menghapus, dan memasukkan saldo awal
- Send to Accountant : untuk mengirimkan data akuntansi
Anda ke kantor Akuntan Publik yang anda pilih secara online
- Transfer Money : mentransfer/memindahkan saldo
rekening kas perusahaan (dari saldo satu bank ke bank lain atau dari kas
ditangan ke kas bank atau sebaliknya)
- Record Journal Entry : untuk membuat jurnal umum (untuk
transaksi yang tidak dapat dicatat dengan jurnal khusus)
- Transaction Journal : untuk melihat ayat-ayat jurnal yang
telah dicatat melalui General Journal
Entry)
- Company Data Auditor : mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi
informasi pada bisnis anda
b.
Banking à Untuk mencatat transaksi-transaksi penerimaan kas,
pengeluaran kas dan melakukan rekonsiliasi rekening koran bank.
Fungsi command
button Banking antara lain:
- Spend Money : untuk mencatat pembayaran dengan cek
bank selain pembayaran utang usaha yang dibayar melalui tombol paybill
- Bank Register : untuk melihat catatan bank (rekening
koran) yaitu berupa data penerimaan dan pembayaran melalui bank serta saldo
bank
- Reconcile Account : untuk mencocokkan antara catatan
perusahaan dengan catatan menurut bank atau untuk membuat rekonsiliasi bank
- Transaction Journal : untuk melihat jurnal-jurnal terkait
kas yang telah dibuat dari suatu tanggal sampai tanggal tertentu
- Print Receipt : untuk
mencetak bukti penerimaan uang atau cek
c.
Sales à Modul ini berfungsi untuk mencatat
transaksi-transaksi penjualan secara tunai dan kredit, penerimaan pembayaran
piutang serta mencatat transaksi retur penjualan.
Fungsi command
button Sales antara lain:
-
Sales Register : melihat
daftar-daftar penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar
lain yang berhubungan dengan penjualan
-
Enter Sales :
Mencatat/menjurnal transaksi penjualan kredit, tunai, dan retur penjualan
-
Receive Payment : untuk
mencatat penerimaan dari penjualan kredit dan piutang usaha dari konsumen yang
dibayar kepada perusahaan
-
Print/Email
Invoice : untuk pencetakan faktur dari tanggal ... Sd tgl... Atau rentang nomor
tertentu sekaligus sebagai sarana untuk mengirim faktur ke customer dengan
email
-
Print/Email
Statement : untuk mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar
-
Transaction
Journal : untuk melihat jurnal-jurnal sales yang telah dibuat untuk rentang waktu
tertentu
d.
Puchases à Digunakan untuk mencatat
transaksi-transaksi pembelian secara tunai dan kredit, pembayaran hutang dan
mencatat retur pembelian
Fungsi command
button Purchase antara lain:
-
Purchases
Register : untuk melihat ringkasan data pembelian yang menyajikan data pembelian
dari tanggal tertentu sampai tanggal tertentu seperti retur dan lain sebagainya
-
Enter Purchase : untuk
mencatat pembelian barang, jasa, dan lain-lain baik tunai maupun kredit dengan
menyesuaikan jenis invoice yang akan dipakai
-
Print/Email
Purchase Order : untuk mencetak order pembelian dan jika sudah
terkoneksi dengan internet dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim email
purchase order
-
Transaction
Journal : untuk melihat ringkasan jurnal dari transaksi pembelian pada tanggal
tertentu sampai tanggal tertentu
-
Pay Bills : untuk
menjurnal pembayaran utang/ faktur pembelian barang atau jasa
e.
Inventory àModul untuk mencatat semua informasi
yang berhubungan dengan persediaan barang dagang, mengubah harga jual,
menentukan metode pembebanan harga pokok penjualan, menghitung stock fisik
persediaan serta melakukan penyesuaian persediaan. Barang atau jasa yang
dicatat pada modul ini meliputi : barang yang dibeli perusahaan dengan tujuan
untuk dijual kembali, pembelian barang yang hanya digunakan untuk keperluan
perusahaan, barang rakitan atau barang hasil penggabungan beberapa komponen
serta jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
Fungsi command
button Inventory antara lain:
-
Item List : untuk
melihat item-item barang yang sudah dimaksukkan atau untuk mengeditnya
-
Set Item Price : untuk
mengatur atau menentukan harga-harga barang yang akan dijual perusahaan
-
Item Register : untuk
melihat informasi mutasi persediaan baik secara individu maupun keseluruhan
-
Adjust
Inventory : untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item
persediaan
-
Count Inventory : untuk
memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian
nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan antara fisik barang dan catatan
-
Receive Item : untuk
memasukkan data jumlah barang yang diterima dan jumlah barang yang telah
diorder sebelumnya
-
Transaction
Journal : untuk melihat ayat jurnal yang berhubungan dengan inventory yang telah
dicatat
f.
Card File à Modul untuk mencatat dan menyimpan seluruh data customer,
supplier dan karyawan perusahaan.
Fungsi command
button Card File antara lain:
-
Card list : untuk
membuat daftar nama orang atau perusahaan (customer, supplier, employee,
personal) yang sering berhubungan dengan bisnis perusahaan dan dapat melihat
daftar rincian kartu yang pernah dibuat
-
Contac log : untuk
melihat ringkasan dari seluruh kontak yang anda lakukan
-
Print mailing labels : untuk
menetapkan dan mencetak file mailaing labels untuk individu atau perusahaan
awal yang terdapat pada file kartu
-
Create
personalized letters : untuk membuat file mail marge yang berisi
informasi tentang orang atau perusahaan pada file kartu.
0 comments:
Posting Komentar