latest Post

MYOB

1.      Menu-menu pada Aplikasi MYOB Accounting 18

a.      Jendela Welcome to MYOB Accounting
Ketika pertama kali masuk program aplikasi MYOB maka anda akan masuk jendela Welcome to MYOB Accounting seperti tampilan dibawah ini
Fungsi dari beberapa menu yang ada di jendela Welcome to MYOB Accounting ini adalah sebagai berikut:
-          Openà Pilihan ini digunakan untuk mengaktifkan salah satu data akuntansi yang pernah dibuat sebelumnya
-          Createà Pilihan ini digunakan untuk membuat data akuntansi baru
-          Exploreà untuk membuka file contoh yang telah disediakan oleh Myob
-          What’s Newà digunakan untuk melihat fitur-fitur baru pada Myob
-          Exità digunakan untuk mengakhiri ataumenutup program Myob
b.      Jendela Command Centre
Setelah pembuatan data perusahaan selesai, maka akan tampil menu utama Myob Accounting 18 atau Command Center. Berikut ini uraian singkat tentang area dan fungsi dari Command center.
1.      Baris Menu à Berisi menu-menu yang berfungsi untuk mengakses perintah-perintah pada Myob yaitu File,Edit, List, Command Centres, setup, dll.
2.      Baris Judul à Menampilkan nama file yang sedang aktif, misalnya : Mutiara Furniture-Command Centre
3.      Nama Modul dan Help à Menampilkan nama modul yang terpilih, misalnya ACCOUNT, dan simbol tanda tanya ( ? ) merupakan tombol Help atau bantuan yang akan menghubungkan Anda dengan jendela Myob Help.
4.      Modul à Terdiri dari 6 modul yang berfungsi untuk mencatat seluruh kegiatan dan transaksi-transaksi perusahaan. Berikut ini uraian singkat tentang fungsi masing-masing modul.

a.      Account à Digunakan untuk membuat daftar akun yang akan digunakan perusahaan, memasukan saldo awal akun serta mencatat transaksi jurnal umum.
Fungsi command button Account antara lain:
-       Account List : untuk membuat akun baru, mengganti nama, menghapus, dan memasukkan saldo awal
-       Send to Accountant : untuk mengirimkan data akuntansi Anda ke kantor Akuntan Publik yang anda pilih secara online
-       Transfer Money : mentransfer/memindahkan saldo rekening kas perusahaan (dari saldo satu bank ke bank lain atau dari kas ditangan ke kas bank atau sebaliknya)
-       Record Journal Entry : untuk membuat jurnal umum (untuk transaksi yang tidak dapat dicatat dengan jurnal khusus)
-       Transaction Journal : untuk melihat ayat-ayat jurnal yang telah dicatat melalui General Journal Entry)
-       Company Data Auditor : mendeteksi kesalahan umum dalam proses dan untuk memastikan integrasi informasi pada bisnis anda
b.      Banking à Untuk mencatat transaksi-transaksi penerimaan kas, pengeluaran kas dan melakukan rekonsiliasi rekening koran bank.
Fungsi command button Banking antara lain:
-       Spend Money : untuk mencatat pembayaran dengan cek bank selain pembayaran utang usaha yang dibayar melalui tombol paybill
-       Bank Register : untuk melihat catatan bank (rekening koran) yaitu berupa data penerimaan dan pembayaran melalui bank serta saldo bank
-       Reconcile Account : untuk mencocokkan antara catatan perusahaan dengan catatan menurut bank atau untuk membuat rekonsiliasi bank
-       Transaction Journal : untuk melihat jurnal-jurnal terkait kas yang telah dibuat dari suatu tanggal sampai tanggal tertentu
-       Print Receipt : untuk mencetak bukti penerimaan uang atau cek
c.       Sales à Modul ini berfungsi untuk mencatat transaksi-transaksi penjualan secara tunai dan kredit, penerimaan pembayaran piutang serta mencatat transaksi retur penjualan.
Fungsi command button Sales antara lain:
-          Sales Register : melihat daftar-daftar penjualan, penerimaan dari penjualan, retur penjualan, dan daftar lain yang berhubungan dengan penjualan
-          Enter Sales : Mencatat/menjurnal transaksi penjualan kredit, tunai, dan retur penjualan
-          Receive Payment : untuk mencatat penerimaan dari penjualan kredit dan piutang usaha dari konsumen yang dibayar kepada perusahaan
-          Print/Email Invoice : untuk pencetakan faktur dari tanggal ... Sd tgl... Atau rentang nomor tertentu sekaligus sebagai sarana untuk mengirim faktur ke customer dengan email
-          Print/Email Statement : untuk mencetak faktur-faktur penjualan yang belum terbayar 
-          Transaction Journal : untuk melihat jurnal-jurnal sales yang telah dibuat untuk rentang waktu tertentu
d.      Puchases à Digunakan untuk mencatat transaksi-transaksi pembelian secara tunai dan kredit, pembayaran hutang dan mencatat retur pembelian
Fungsi command button Purchase antara lain:
-          Purchases Register : untuk melihat ringkasan data pembelian yang menyajikan data pembelian dari tanggal tertentu sampai tanggal tertentu seperti retur dan lain sebagainya
-          Enter Purchase : untuk mencatat pembelian barang, jasa, dan lain-lain baik tunai maupun kredit dengan menyesuaikan jenis invoice yang akan dipakai
-          Print/Email Purchase Order : untuk mencetak order pembelian dan jika sudah terkoneksi dengan internet dapat juga dimanfaatkan untuk mengirim email purchase order
-          Transaction Journal : untuk melihat ringkasan jurnal dari transaksi pembelian pada tanggal tertentu sampai tanggal tertentu
-          Pay Bills : untuk menjurnal pembayaran utang/ faktur pembelian barang atau jasa
e.       Inventory àModul untuk mencatat semua informasi yang berhubungan dengan persediaan barang dagang, mengubah harga jual, menentukan metode pembebanan harga pokok penjualan, menghitung stock fisik persediaan serta melakukan penyesuaian persediaan. Barang atau jasa yang dicatat pada modul ini meliputi : barang yang dibeli perusahaan dengan tujuan untuk dijual kembali, pembelian barang yang hanya digunakan untuk keperluan perusahaan, barang rakitan atau barang hasil penggabungan beberapa komponen serta jasa yang ditawarkan oleh perusahaan
Fungsi command button Inventory antara lain:
-          Item List : untuk melihat item-item barang yang sudah dimaksukkan atau untuk mengeditnya
-          Set Item Price : untuk mengatur atau menentukan harga-harga barang yang akan dijual perusahaan
-          Item Register : untuk melihat informasi mutasi persediaan baik secara individu maupun keseluruhan
-          Adjust Inventory : untuk melakukan penyesuaian atas nilai dan kuantitas item-item persediaan 
-          Count Inventory : untuk memasukkan hasil perhitungan fisik persediaan atau untuk melakukan penyesuaian nilai dan kuantitas sejumlah item persediaan antara fisik barang dan catatan
-          Receive Item : untuk memasukkan data jumlah barang yang diterima dan jumlah barang yang telah diorder sebelumnya
-          Transaction Journal : untuk melihat ayat jurnal yang berhubungan dengan inventory yang telah dicatat
f.       Card File à Modul untuk mencatat dan menyimpan seluruh data customer, supplier dan karyawan perusahaan.
Fungsi command button Card File antara lain:
-          Card list : untuk membuat daftar nama orang atau perusahaan (customer, supplier, employee, personal) yang sering berhubungan dengan bisnis perusahaan dan dapat melihat daftar rincian kartu yang pernah dibuat 
-          Contac log : untuk melihat ringkasan dari seluruh kontak yang anda lakukan 
-          Print mailing labels : untuk menetapkan dan mencetak file mailaing labels untuk individu atau perusahaan awal yang terdapat pada file kartu 

-          Create personalized letters : untuk membuat file mail marge yang berisi informasi tentang orang atau perusahaan pada file kartu.

About Arek Akuntansi Turen

Arek Akuntansi Turen
Recommended Posts × +

0 comments:

Posting Komentar